Shifting#2: Karakter The Great Shifting

Read Time:2 Minute, 1 Second

Teknologi yang berubah mengantarkan kita pada platform kehidupan baru. Setelah itu barulah menyusul perubahan pada ekonomi dan bisnis. Hal ini menimbulkan positive effect dan negative effect. Positive effect ada pada bidang ekonomi dan bisnis, negatifnya ada pada psikologi dan sosiologi kehidupan.

Berikut ciri-ciri great shifting itu.

Pertama, dimulai dari teknologi dasar, yang lalu merembet ke semua sektor yang semula berdiri sendiri-sendiri, lalu berpaling sebagai satu kesatuan. Membentuk sebuah konvergensi.

Teknologi atau kumpulan teknologi baru, adalah driver perubahan yang besar manakala ia mengubah platform.

Dulu, dengan teknologi kita berpaling dari platform pertanian ke paltform industri yang dipicu oleh penemuan mesin uap. Perubahan ini juga mengakibatkan perpindahan kehidupan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kini industri kembali berubah ke dunia digital dan online. dari perkantoran ke dunia cyber dan virtual. Dunia baru ini tengah melahirkan kegiatan ekonomi kolaboratif dan sharing resources. Organisasi-organisasi yang serba terintegrasi dan terpagari sekarang menjadi sangat terbuka dan kolaboratif.

Kedua, dari “produk”, industri pun beralih ke platform. Sebagai contoh kesepakatan perusahaan besar, JP Morgan, Berkshire Hathaway, dan Amazon yang membentuk sebuah platform kesehatan.

Menghadapi persaingan baru ini, perusahaan-perusahaan harus berubah. Mindset para regulator juga perlu diperbarui. Perusahaan-perusahaan Indonesia mempunyai tiga pilihan: mengubah business model menjadi platform, bergabung (to participate) dengan salah satu platform kelas dunia yang kuat, atau memperkuat platform domestik yang sudah ada.

Pemerintah juga punya pilihan: membiarkan industri terbelenggu dalam mindset revolusi industri atau menciptakan aturan-aturan baru dengan prinsip-prinsip great shifting dan platform-based.

Ketiga, teknologi itu tidak stagnan. Setiap revolusi besar akan selalu diikuti evolusi-evolusi berikutnya.

Keempat, ia akan dilanjutkan dengan pergeseran-pergeseran sosial-budaya dan metode-metode kehidupan dan ekonomi.

Kelima, ia dikembangkan oleh orang-orang baru yang membawa “masa depan” ke hari ini, dan jelas berpotensi menganggu kenyamanan petahana, bahkan menghancurkan masa depan ekonomi petahana, yang masih membawa “kemarin” ke hari ini, complicated, dan serba-membatasi. Bahkan pasarnya pun terbatas.

Keenam, regulasi yang berlaku selalu ketinggalan dan mengacu pada referensi-referensi teknologi masa lalu sehingga hampir dapat dipastikan akan menimbulkan dilema-dilema dan goncangan-goncangan sosial karena menyangkut kepentingan investordan tenaga kerjanya.

Ketujuh, terjadi perpindahan besar yang selalu disangkal pemain-pemain lama dan pendukungnya yang terperangkap dalam cara-cara dan metode lama.

Perubahan-perubahan besar (the great shifting) ini berbeda dengan natural shifting yang sudah menjadi kebiasaan anda sehari-hari,

Untuk mengetahui apa saja perubahan dan yang tidak berubah pada saat Shifting silahkan tunggu kelanjutan tulisan ini berikutnya. (aksa)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?