Program Inovasi Desa dan Optimasi Pelayanan Desa

Read Time:1 Minute, 36 Second

Sahabataksa.com,-Program Inovasi Desa adalah sebuah program yang dilaksanakan untuk meningkatkan dan mendampingi pelaksanaan Program Inovasi yang ada di Desa. Program Inovasi dapat dilaksanakan ke dalam berbagai macam kegiatan seperti seminar yang mendatangkan para ahli yang fokus di pengembangan Inovasi Desa. Beberapa contoh program inovasi Desa adalah pembuatan Gudang Data Kemiskinan di Desa, pembangunan wisata Desa yang dikelola oleh Bumdes, pembuatan Sistem Administraasi Desa dan masih banyak lagi.

Apa sih Program Inovasi Desa itu, bagaimana dengan inovasi teknologi di Desa?

Jika kita berbicara tentang Desa, mungkin beberapa orang berpikir tentang keterlambatan, susah sinyal, tidak modern atau bekerja secara manual. Desa dianggap tidak memiliki SDM yang mumpuni di bidang pemaksimalan teknologi online untuk memaksimalkan pendapatannya desa. Tidak sekali dua kali ada beberapa orang yang mengatakan desa hanya menunggu bantuan teknologi dari pemerintah agar dapat digunakan untuk membantu pekerjaan di desa seperti perikanan, perkebunan dan pertanian.

Namun, jangan salah ! Justru dengan pengalaman menggunakan teknik manual dan mempelajari suatu hal secara detail di desa, seseorang mampu mengadaptasikan pekerjaan di desa menjadi sangat efektif dan efisien contohnya saja, penggunaan bubu (perangkap ikan). Bubu digunakan masyarakat di desa untuk mempermudah proses penangkapan ikan tanpa harus mengeluarkan energi yang banyak. Karena bubu hanya ditinggalkan semalaman di satu tempat yang secara visual menjadi tempat ikan lalu lalang atau bersembunyi oleh masyarakat. Siapa sangka, kadang dalam semalam, puluhan hingga ratusan ikan bisa dijebak dan masuk kedalam perangkap. Metode ini efektif dan tidak merusak lingkungan karena bahan yang digunakan untuk membuat sebuah bubu berasal dari bambu, rotan dan tempurung kelapa, semua berasal dari alam.

Bubu hanyalah contoh sederhana, inovasi yang biasa kita temukan di desa. Nah, untuk urusan perkantoran apakah masih bisa menggunakan hal-hal manual ?

Program Inovasi Desa atau biasa disingkat dengan PID, dapat menjadi salah satu langkah yang bisa dimanfaatkan oleh Desa untuk mendapatkan insight untuk memulai sebuah program yang inovatif. Mengikuti rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh penitia penyelenggara program Inovasi Desa.(gobumdes.id)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?