Pertama di Sumbar, Nagari Lubuk Gadang Utara Terapkan Sistem Integrasi Informasi Nagari, Masyarakat Bisa Cetak Surat Dari Rumah

Read Time:1 Minute, 59 Second

SOLOK SELATAN, Sahabatakasa-Untuk mencipatakan desa/nagari yang maju dan berkembang maka perlu melakukan inovasi terbarukan, agar sebuah nagari dapat berubah menjadi baik dan berkembang.

Diantara bentuk inovasi yang lakukan oleh Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat adalah mendigitalisasi nagari dengan sistem integrasi informasi nagari.

Acara digitalisasi nagari ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan serta pembinaan dalam menjalankan sistem informasi di nagari tersebut. Acara ini berlangsung dari tanggal 19-21 Juli 2020 di kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Utara.

Pantauan Indonesiasatu.id Selasa, 21 Juli 2020 ke lapangan pelatihan dan pendampingan Smart Nagari diikuti oleh semua perangkat-perangkat Nagari Lubuk Gadang Utara dengan mendatangkan konsultan IT dari Medan diantaranya Abdul Kadir Syamsuir, ST., Tardi, ST., dan Adi Rahmatsyah Putra, ST, MM., selaku Direktur PT Smart Desa Indonesia.

“Smart Nagari adalah sistem informasi yang diterapkan oleh nagari dalam memudahkan nagari dalam proses administrasi digital. Selain itu Smart Nagari dapat memudahkan nagari dalam pendataan penduduk, promosi wisata, kekayaan alam dan juga dapat membantu nagari meningkatkan PAD nagari melalui BUMNAG,” ujar Adi Rahmatsyah Putra, direktur PT Smart Desa Indonesia.

Adi menambahkan Nagari Lubuk Gadang Utara merupakan nagari pertama di Sumbar yang menerapkan sistem digitalisasi berbasis data. Semoga Nagari Lubuk Gadang Utara bisa menjadi pilot project bagi nagari lainnya di Sumbar.

“Dengan menerapkan digitalisasi ini masyarakat bisa membuat surat dari rumah tanpa harus datang ke kantor wali nagari. Selain itu masyarakat bisa mempromosikan secara nasional maupun internasional produk-produk pertanian mereka melalai Smart Nagari,” terangnya.

Digitalisasi nagari sangat diharapkan oleh pemerintah Nagari Lubuk Gadang Utara agar roda pemerintahan berjalan lancar.

“Semoga dengan adanya Smart Nagari ini dapat mempermudah roda pemerintahan serta memperlancar komunikasi antara pemerintahan dengan masyarakat. Selain itu Smart Nagari bertujuan untuk menciptakan transparansi pemerintahan nagari dengan masyarakat agar tercapai sebuah nagari yang maju, unggul dan lebih baik,” tutur, Syafrudin R, Wali Nagari Lubuk Gadang Utara.

Hal senada juga diutarakan oleh Saptari Septiadi selaku Sekretaris Nagari Lubuk Gadang Utara. Smart Nagari mempermudah proses jalannya pemerintahan nagari.

“Smart Nagari merupakan IT Nagari Lubuk Gadang Utara yang sangat bermanfaat untuk masyarakat yang dapat memperlancar proses pelayanan juga transparansi bagi pemerintahan Nagari Lubuk Gadang Utara kepada masyarakat Nagari Lubuk Gadang Utara,” ujar Sapari Septiadi, SE.

Untuk akses sistem informasi Nagari Lubuk Gadang Utara bisa klik www.lubukgadangutara.id, masyarakat yang ingin buat surat, jual produk desa bisa melalui Smart Nagari tersebut. (aksa)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Pertama di Sumbar, Nagari Lubuk Gadang Utara Terapkan Sistem Integrasi Informasi Nagari, Masyarakat Bisa Cetak Surat Dari Rumah

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?