Kabupaten Padang Lawas Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan topik Penyusunan Pemfaatan dan Pemberdayaan Profil Desa

Read Time:1 Minute, 36 Second

Medan, sahabataksa.com- Kabupaten Padang Lawas Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan topik Penyusunan Pemfaatan dan Pemberdayaan Profil Desa selama 4 hari dari tanggal 5-8 Agustus 2020 bertempat di 2 hotel yaitu hotel Grand Kanaya dan hotel Grand Antares Medan.

Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan oleh Lembaga Masyarakat Membangun Desa (LMMD) sebagai mitra dari Kementerian Dalam Negeri di dalam pelaksanaan Bimtek Nasional di Sumatera Utara.

Pada bimtek tahun ini hampir 388 desa yang ada di Padang Lawas Utara mengikuti nya dan menghadirkan nara sumber nasional dari Kemendagri, akademisi/praktisi dari perguruan tinggi di kota Medan diantaranya Bapak Abdul Kadir Syamsuir, ST yang hampir setiap tahun mengisi sebagai Nara sumber di kegiatan bimtek nasional yang diadakan oleh Kementrian Desa maupun Kementerian Dalam Negeri.

“Jika Anda adalah pemerintah desa/kelurahan, sudah seharusnya Anda menggunakan sistem informasi desa/kelurahan di masa normal baru ini… Sistem informasi desa/kelurahan merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data di desa/kelurahan serta profil desa untuk membantu mengembangkan potensi di desa…” demikian Bapak Abdul Kadir Syamsuir katakan saat memberikan pemaparan mengenai pemanfaatan profil desa. Dalam paparan nya kali ini Bapak Abdul Kadir Syamsuir memberikan solusi SMART bagi desa yang ingin maju dan berkembang. Setelah lebih dari 4 tahun SMART DESA Generasi 1 digunakan dibeberapa desa yang ada di Indonesia maka kini SMART DESA Generasi 2 siap hadir dengan tambahan modul yang sangat dibutuhkan oleh desa pada saat New Normal Desa diantara modul Covid 19, modul Bumdes, modul Bansos, modul Letter C (tanah desa), modul Capaian Kinerja, modul Produk Unggulan Desa, modul kabar desa, wisata desa, potensi desa dan laporan warga.

bagi desa atau aparat desa yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan keunggulan SMART DESA Generasi 2 dapat mengundang tim SMART DESA untuk sosialisasi ke desa…” demikian yang dikatakan beliau sebelum menutup paparannya.Sudah saatnya desa dibangun melalui data desa dan potensi desa sehingga desa bisa tumbuh dan berkembang menjadi mandiri. (aksa).

BalasTeruskan
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?