Journey Bantudesa Ke Wisata Tapak Tuan

Read Time:1 Minute, 37 Second

Sahabataksa.com,-Tim Bantudesa mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Aceh Selatan dalam rangka sosialisasi Desa Wisata dan Digital. Dalam perjalanan ke Aceh Selatan kali ini Tim Bantudesa menyempatkan berkunjung ke Wisata Tapak Tuan yang menjadi icon wisata di Aceh Selatan.

Untuk menuju lokasi tapak ini sudah dibuat jalan yang aman namun dikarenakan saat ini jalan tersebut sedang direnovasi, jadi buat traveller yang ingin melihat langsung ke lokasi tapak harus melewati jalan berbatu yang besar dan harus lebih hati-hati karena medan yang licin dan berhadapan langsung dengan lautan lepas.

Lokasi batu Tapak Tuan sendiri berada jauh diatas tebing-tebing batu dengan ombak yang cukup besar sehingga diperlukan pemandu untuk mencapai lokasi dan itupun kita tidak bisa turun untuk melihat jejak “kaki raksasa” yang berada dibawah batu-batu karang yang cukup terjal.

Konon kisah cerita legenda asal usul nama ‘Tapaktuan’ berasal dari Tuan Tapa yang keluar dari goa karena marah melihat naga yang memporakporandakan dan memecah belah daerah. Pada waktu Tuan Tapa hendak membunuh sang naga, terjadi kejar-kejaran antara Tuan Tapa dan sang naga.

Maka pada suatu ketika, berbekaslah tapak kaki Tuan Tapa ini. Sekarang yang masih terlihat hanya sepasang telapak kaki sangat berjauhan, dibatasi oleh gunung tempat naga tinggal sebelumnya. Jejak tapak kaki tersebut, seperti jejak seseorang yang melangkahi gunung, karena tak dapat ditemukan jejak yang sama di antara kedua jejak tersebut.

Ukuran jejak kaki tersebut adalah 3 x 1,5 meter. Jejak kaki yang sebelah kanan, berada di pinggir laut di atas sebuah batu. Sedangkan jejak kaki sebelah kiri berada di dalam kota di atas tanah.

Antara jejak satu dan yang satunya lagi lebih kurang berjarak 500 meter. Diberilah nama daerah yang terdapat jejak “Tapak Tuan Tapa” itu dengan nama kota “Tapak Tuan”, atau juga sering disebut “Kota Naga Tapak Tuan”.

Ukuran jejak kaki yang asli tentu saja sudah pudar termakan waktu, agar tetap menjaga kelestarian dan cerita rakyat ini, dibuatlah replikanya yang berada bersebelahan dengan yang asli.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 1 / 5. Jumlah suara: 1

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?