Dukung Kaum Muda Indonesia Tingkatkan Produktivitas di Tengah Ancaman Dunia Digital, BSSN Luncurkan Panduan Literasi Media Digital dan Keamanan Siber

Read Time:1 Minute, 45 Second

Sahabataksa.com,-Hasil kajian berbagai pihak menyatakan kaum muda Indonesia rentan terpapar berbagai aktivitas buruk daring seperti hoaks dan ujaran kebencian, konten radikal, pornografi, kekerasan, penipuan, pencurian data, serangan siber, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu bisa menjadi ancaman serius apabila tidak ditangani.

“Senjata utama dari serangan siber yang bersifat sosial adalah informasi yang direkayasa sedemikian rupa guna mendukung dan memperbesar dampak dari aktivitas lainnya yang dilakukan oleh pihak penyerang, termasuk dan tidak terbatas pada aktivitas-aktivitas berdimensi politik, diplomasi, ekonomi, dan militer,” sebut Kepala BSSN, Hinsa Siburian, dalam kata pengantar buku panduan “Muda, Kreatif, dan Tangguh di Ruang Siber” tersebut.

BSSN menghadirkan buku panduan tersebut sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan produktivitas generasi di dunia digital. Melalui pendekatan literasi media digital dan keamanan siber, panduan yang dibuat implementatif tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk menapaki langkah-langkah dalam berkegiatan daring yang positif. BSSN berharapan panduan tersebut bisa menciptakan iklim komunikasi dan informasi digital yang aman dan nyaman untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Menyikapi hal tersebut, BSSN sebagai instansi yang bergerak dibidang keamanan siber berupaya membangun budaya keamanan siber sebagai tatanan nilai budaya yang melekat dan mendorong tumbuhnya budaya penggunaan ruang siber yang aman dan nyaman oleh setiap warga negara Indonesia, dengan melakukan literasi dan edukasi budaya keamanan siber. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan ekosistem ruang siber yang aman dan nyaman,” tambah Hinsa.

Literasi media digital dan keamanan siber yang dimaksud dalam panduan tersebut merupakan perpaduan konsep literasi media dan informasi (media and information literacy), literasi digital (digital literacy) serta keamanan digital (cybersecurity). Ketiga konsep tersebut dikombinasikan dari penelusuran literatur serta fungsi dan peran dari BSSN dalam menjalankan berbagai program yang terkait dengan literasi.

Panduan literasi media digital dan keamanan siber berisi berbagai hal untuk menumbuhkan beragam kompetensi digital mulai dari mengakses data dan informasi media digital hingga melakukan aksi mandiri maupun kolaboratif yang dapat menjadi pedoman dalam mewujudkan individu atau masyarakat digital yang siap menangkap dan menghadapi berbagai peluang dan tantangan era digital. Panduan literasi media digital dan keamanan siber tersebut dapat diunduh melalui tautan di bawah ini.

Link Download MUDA, KREATIF, DAN TANGGUH DI RUANG SIBER

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?