Dengan Ubiqu Satelit Perkebunan Tanjung Kasau Terbebas Dari Masalah Konektivitas Internet

Read Time:6 Minute, 15 Second

Apa kabar sahabat aksa semoga kita semua diberikan kesehatan dan rejeki di masa pandemi Covid19 ini. Beberapa hari ini sahabat aksa melakukan perjalanan ke salah satu perkebunan di daerah Batu Bara yaitu Tanjung Kasau milik PT Perkebunan Sumut (BUMD Perkebunan Propinsi Sumatera Utara) untuk melakukan instalasi 2 perangkat Ubiqu Satelit Internet.

Ide pemasangan Ubiqu Satelit sudah ada sejak tahun 2019 ketika Direktur Keuangan PT Perkubunan Sumut Bapak Hidayat menginginkan adanya perubahan dalam sistem laporan keuangan yang terintegrasi dari setiap unit kebun yang dimilik oleh PSU. Beliau berharap laporan keuangan dari setiap kebun dapat cepat diterima di Kandir namun permasalahannya konektifitas jaringan yang ada di kebun-kebin milik PSU tidak mendukung sehingga laporan keuangan sering terlambat yang tentu saja mengganggu aktifitas dan kinerja PSU sebagai BUMD Perkebunan di Sumatera Utara.

Kebun Tanjung Kasau berada di Desa Tanjung Kasau Kec. Sei Suka Kab.
Batu Bara dan berada diluar kota Tebing Tinggi yang jaraknya ±17 km dari pusat kota yang mengarah ke kota administrasi Batu Bara dan merupakan daerah yang memiliki daerah terdekat dengan pesisir pantai ±17 km serta tinggi lokasi Kebun Tanjung Kasau ±9 mdpl s/d ±12 mdpl.

Kebun Tanjung Kasau terletak di Kabupaten
Batu Bara yang berbatasan dengan :
Barat : Berbatasan dengan PT Gotong Royong
Timur : Berbatasan dengan PT Moeis
Utara : Berbatasan dengan PTPN III Sei Semujur
Selatan : Berbatasan dengan Sungai Merah

Kebun Tanjung Kasau tidak terletak disatu desa saja tetapi ada beberapa desa yang berada dekat dengan sungai, ada juga yang berada didataran tinggi. Wilayah Kebun Tanjung Kasau yang berada di Desa Tanjung Kasau memiliki suhu udara yang lebih dingin dan sering terkena banjir karena berada dekat dengan aliran sungai besar yaitu sungai seisuka.

Sedangkan Kebun Tanjung Kasau yang berada di Desa Laut Tador suhunya netral karena masih berada disekitaran lingkungan rumah penduduk sehingga tidak hanya tanaman perkebunan yang ada melainkan banyak jenis tanaman.

Dan Kebun Tanjung Kasau yang berada di jalan lintas memiliki suhu cukup
panas karena tidak ada aliran air dan juga jauh dari pemukiman. Curah hujan yang berada disekitar Kebun Tanjung Kasau tidak stabil dan mengakibatkan penurunan produksi.

HARI PERTAMA

Berangkat dari Medan pada hari kamis pagi tanggal 8 Oktober 2020 dimulai dengan mengambil perangkat Ubiqu di Depo PSN (Pasifik Satelit Nusantara) di daerah Jalan Binjai. Tim Kandir PT Perkebunan Sumut (PSU) diwakili oleh PIC bapak Indra Wijaya dan Mitra PSN di Sumatera Utara Bapak Abdul Kadir dan dibantu oleh Riko Ramadhani.

Dari Depo PSN di Medan Tim Kandir PSU dan Mitra PSN berangkat menuju Perkebunan Tanjung Kasau yang berjarak 2 jam perjalanan dari tol Medan Tebing Tinggi.

Tepat siang hari jam 11 lebih sedikit Tim Kandir PSU tiba di kantor Perkebunan Tanjung Kasau dan disambut oleh KTU Tanjung Kasau Bapak Nanda. Selanjutnya Tim Kandir PSU melakukan penurunan perangkat ubiqu yang akan dipasang di Kantor KTU Tanjung Kasau.

pemasangan Ubiqu Satelit dihari pertama ini dibantu oleh tik teknisi dari Perkebunan Tanjung Kasau dikarenakan untuk instalasi dan setting Ubiqu Satelit dilakukan pihak Kandir PSU sendiri tanpa bantuan teknisi dari PSN hanya dipandu melalui sambungan telepon untuk proses teknis yang tidak bisa diatasi oleh tim Kandir PSU.

Setelah semua perangkat Ubiqu dirangkau sesuai petunjuk yang ada tibalah saat penyetingan posisi koordinat satelit nya dan ini yang memerlukan proses cukup lama dikarenakan tim kandir PSU dan Mitra tidak memiliki pengetahuan sama sekali dalam melakukan pointing posisi Ubiqu ke Satelit Nusantara Satu.

Setelah dilakukan hampir 4 jam dan belum juga menunjukkan hasil yang maksimal maka Tim Kandir PSU berinisiatif untuk melanjutkan proses set up Ubiqu di Kantor KTU esok hari. Untuk selnjutnya tim melanjutkan perjalanan ke site 2 di PPKS Tanjung Kasau yang letaknya beberapa kilo meter dari kantor KTU dan lebih tinggi posisinya.

Sebelum ke PPKS tim terlebih dahulu istirahat dan makan siang di Mes Perkebunan Tanjung Kasau yang letaknya sekitar 3 kilo meter dibelakang kantor KTU. Lokasi Mes sangat indah karena bekas peninggalan Belanda dan menjadi tempat masyarakat sekitar untuk berfoto dan wisata.

Selesai beristirahat dan makan siang tim kandir melanjutkan perjalanan untuk memasang di lokasi kedua di PPKS. Lokasi PPKS terletak di dataran tinggi dengan kondisi jalan menuju kesana agak rusak sehingga diperlukan kendaraan khusus kalau mau menuju kesana. Jalan yang masih tanah merah dan berbatu membuat perjalanan bagai memasuki kawasan off road.

Tiba di lokasi PPKS tim segera menurunkan perangkat Ubiqu satelit untuk dipasang. Dikarenakan hari sudah sore menjelang malam diputuskan untuk merakit saja terlebih dahulu Ubiqu satelitnya dan akan dipasang esok harinya.

HARI KEDUA

Jumat tanggal 9 Oktober 2020 tim Kandir PSU dan Mitra PSN menuju lokasi PPKS untuk menyelesaikan proses pemasangan Ubiqu Satelit dengan target cepat terpasang dan bisa kembali ke Kantor KTU untuk memasang Ubiqu yang dihari pertama gagal.

Lokasi pemasangan Ubiqu di PPKS diletakkan diatas atap kantor bagian depan menghadap ke timur. Proses pemasangan tidak mengalami kendala hanya masalah di setup pointing sedikit lama dikarenakan menentukan posisi dari azimut, elevansi dan polarisasi dari antena Ubiqu. Alhamdulillah setelah lebih dari 4 jam posisi pointing di dapat dengan kekauatan SQF 162. Akhirnya pemasangan untuk site 2 Ubiqu satelit di PPKS berhasil dilakukan.

Selanjutnya dilakukan proses pengujian koneksi LAN dan Wifi menggunakan modem dan Acces Point di kantor PPKS dan semuanya berhasil dilakukan dengan baik. Bapak Irwansyah sebagai PIC di PPKS yang nantinya bertanggung jawab untuk menangani masalah Ubiqu satelit sudah diajarkan oleh tim Kandir untuk proses pemakainnya dan selanjutnya dilakukan proses serah terima pekerjaan.

HARI KETIGA

Sabtu tanggal 10 Oktober 2020 tim kandir dan mitra PSN melanjutkan pemasangan Ubiqu satelit di kantor KTU yang di hari pertama gagal. Dengan mendapatkan pengalaman dari pemasangan Ubiqu di PPKS akhirnya tim Kandir dan Mitra berhasil melakukan pemasangan dan instalasi walaupu sempat diwarnai dengan salah arah posisi antena ubiqu yang harusnya ke timur ternyata ke barat.

Untuk letak ubiqu sendiri di kantor KTU agak istimewa karena diletakkan diatas pot bunga yang dimodifikasi dengan membuat tiang penyangga dari besi sehingga bentuk nya seolah-olah seperti menara. Hal ini bisa terwujud dikarenakan kreatifitas tim teknisi dari kantor KTU Tanjung Kasau yang bekerja tidak kenal lelah.

Selesai pemasangan dilakukan tes koneksi internet LAN dan Wifi di dalam kantor KTU dan semua berjalan dengan baik. Bapak Wasi sebagai PIC Ubiqu untuk Kantor KTU cukup menguasai dengan baik setiap materi yang diajarkan sehingga tim kandir PSU dan Mitra PSN agak sedikit terbantu. Proses selanjutnya serah terima pekerjaan dilakukan sebagai bukti bahwa pekerjaan pemasangan dan instalasi Ubiqu Satelit sudah selesai dilakukan.

Akhirnya setelah 3 hari pekerjaan memasang dan instalasi perangkat Ubiqu satelit internet selesai dilakukan oleh Tim Kandir dan Mitra PSN dengan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang tidak pernah didapatkan selama ini. Hikmah nya Tim Kandir PSU dan Mitra PSN mendapatkan ilmu di dalam pemasangan dan instalasi perangkat Ubiqu yang selama ini biasanya dilakukan oleh teknisi terlatih dari PSN. Bedanya nya kalau tim teknisi yang memasang dan instalasi hanya butuh waktu 2 jam saja dan tentunya ada biaya.

Sahabat aksa semoga kisah ini bisa memberikan ispirasi buat kalian semua bahwa tidak ada satu hal yang tidak bisa diselesaikan kalau kita memiliki niat dan kemauan untuk belajar pasti ada jalan. Lebih baik mencoba dan GAGAL dari pada GAGAL tapi tidak mencoba. Salam sehat dan barokah untuk kita semua. Tunggu kisah sahabat aksa berikutnya untuk pemasangan Ubiqu satelit di Perkebunan PSU daerah Madina.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 1

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?