7 Panduan Memulai Bisnis Digital Bagi Pemula

Read Time:4 Minute, 20 Second

Sahabataksa.com,-Di Era distrubtion saat ini bisnis yang dapat bertahan adalah bisnis yang bergerak di digital. Peran gadget sangat diperlukan dalam bisnis digital.

Banyak orang sukses membangun usaha melalui gadgetnya. Misal, toko online, transportasi online, jasa web content, bahkan bermain media sosial dan game pun bisa mendapatkan banyak uang.

Memulai bisnis digital memang tidak semudah itu. Tetapi jika dilakukan dengan kesungguhan pasti akan sukses besar. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Jika kalian ingin mendapatkan kesuksesan, kalian harus kerja keras dan sungguh-sungguh.

Berikut akan dijelaskan panduan sederhana untuk memulai bisnis. Hanya panduan sederhana tetapi sangat penting untuk kalian pahami dan laksanakan.

1. Tentukan Apa Kesukaanmu

Bisnis digital yang saat ini sedang marak ada dua, yaitu jual barang online dan jual jasa online. Jika kalian adalah orang yang suka bersosialisasi dengan orang banyak dan punya followers banyak di media sosial, kalian bisa memilih untuk berjualan barang secara online.

Kalaupun misalnya kalian minat berjualan barang online, namun tidak punya followers banyak. Tetap bisa sukses, sebab ada banyak cara dan strategi untuk memasarkan barang jualan. Jika sudah ada kemauan, itulah modal terbesarnya. Jika kalian tidak terlalu cakap bersosialisasi dengan banyak orang baik di dunia nyata maupun maya, pilihlah jenis bisnis jual jasa online. Apa skill yang kalian punya? Websitting, desain, menulis artikel, atau yang lainnya? Semua skill bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Sebab ada banyak wadah di dunia online yang menampung akil-skill tersebut.

2. Jika Pilihanmu Adalah Jenis Bisnis Jual Barang

Kalian bisa memakai sistem reseller, dropship, atau membuka toko sendiri. Reseller dan dropship adalah cara berjualan dengan cara menjadi penjual anakan dari suatu toko online. Ada banyak macamnya. Kalian bisa menjual baju, hijab, alat-alat dapur, casing HP, snack, ataupun yang lainnya sesuai dengan minat kalian.

Perbedaannya adalah, kalau reseller kalian membeli stok barang untuk dijual ulang, sedangkan dropship hanya memasarkan saja. Reseller akan mengurus sendiri pemasaran, pengiriman, dan lain sebagainya.

Sedangkan dropship hanya mempromosikan produk secara besar-besaran lalu pembelian dan pengiriman diurus oleh toko onlinenya. Lalu toko online tersebut akan membagikan hasilnya dengan kalian sesuai kesepakatan.

Jangan lupa, pilihlah sebuah toko online yang terpercaya untuk kalian bekerja  didalamnya.

Jika kalian ingin membuka toko online sendiri, kalian bisa mulai dari membuat akun toko online didalam suatu toko online yang sudah besar dan terkenal. Kalian bisa membuka toko di Shopee, Bukalapak, atau yang lainnya. Ini bisa menjadi langkah awal kalian untuk membangun toko online yang lebih besar selayaknya toko-toko online tersebut.

3. Jika Pilihanmu Adalah Jenis Bisnis Jasa Online

Tentukan skill apa yang akan kalian jual. Kalian harus benar-benar menguasai skill tersebut minimal memiliki sertifikasinya. Lalu kalian bisa langsung bergabung dengan situs-situs jasa online di internet. Semisal, Sribulancer.com, dan lainnya. Atau anda bisa langsung memasang iklan jasa. Baik di media sosial kalian ataupun di situs pemasangan iklan resmi lainnya.

Dan nantikan orderan yang akan datang. Kalian harus memasang iklan dengan menarik. Sertakan semua bukti bahwa kalian memiliki skill yang mumpuni.

4. Belajarlah Mengenai Teknologi

Kalian harus belajar bagaimana cara memanfaatkan kecanggihan dunia digital agar usaha bisnis online kalian semakin maju. Terutama bila kalian ingin membangun toko online sendiri.

Sebab jika kalian bisa mengimbangi kecanggihan media sekarang, kalian akan bisa mendapatkan pembeli yang banyak. Lihat saja toko-toko online sekarang. Mereka membuat aplikasinya dan mempromosikannya dengan baik sehingga banyak orang yang memakainya dan berbelanja didalamnya.

5. Ikutilah Seminar Atau Komunitas Bisnis

Berusaha sendirian itu berat. Ada baiknya jika kalian memiliki partner bisnis untuk mempermudah urusan. Kalian bisa mengajak teman-teman kuliah, sekolah ataupun saudara untuk bergabung merintis usaha kalian. Jika memungkinkan, carilah partner yang lebih ahli daripada kalian. Sebab kalian masih pemula.

Jika kalian tidak menemukan partner yang tepat diantara teman-teman kalian, kalian bisa mengikuti grup-grup komunitas bisnis. Biasanya pemilik suatu bisnis digital yang sudah besar membuat komunitas-komunitas khusus untuk mengembangkan bisnisnya. Kalian bisa bergabung didalamnya, menambah kenalan baru yang satu visi misi. Siapa tahu bisa diajak bekerja sama.

6. Jangan Ragu Untuk Mencoba Dan Mengeluarkan Modal

Kalau kalian ragu dalam menjalankan bisnis, kesuksesan tak akan pernah menghampiri kalian. Fokus untuk mencari pelanggan, dan jangan fokus mendengarkan remehan orang lain. Jangan ragu untuk mengeluarkan modal lebih, kala bisnismu sudah waktunya untuk dikembangkan.

Apalagi jika ada event diskon untuk bergabung menjadi reseller atau dropshiper di suatu toko online. Ambil kesempatan itu dan jalankan sebaik-baiknya. Itu adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan begitu saja.

7. Bersungguh-Sungguh Menjalaninya

Inilah poin pentingnya. Berbisnis secara digital sama dengan berbisnis secara manual. Sama-sama membutuhkan kesungguhan dan kerja keras. Tidak ada pebisnis online yang berhasil tanpa ada kerja keras. Orang-orang yang saat ini meraup keuntungan yang super banyak dari toko onlinenya atau jasa onlinenya adalah orang yang penuh kerja keras di awal-awal usahanya.

Bekerja keraslah untuk menjemput hasil. Jadikan setiap proses sulitnya memulai bisnis digital ini sebagai pembelajaran bagi kalian. Kalau kalian tidak pernah mencoba, kalian tidak akan pernah bisa. Kalian akan tetap diam ditempat. Tidak berkembang. Kalian pasti sering dengar pepatah ini bukan? Pengalaman adalah guru terbaik.

Demikian 7 panduan untuk kalian yang akan memulai bisnis digital. Jadi jangan takut untuk memulai berbisnis apapun resikonya karena kalau tidak dimulai dari sekarang kita tidak akan pernah tau hasilnya. Lewati seluruh prosesnya maka hasil akan mengikuti. (aksa)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?