15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Read Time:7 Minute, 43 Second

Sahabataksa.com,-Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan beragam tempat wisata menarik. Salah satunya adalah kabupaten Aceh Utara. Daerah ini menjadi tempat yang memiliki potensi dalam pengembangan pariwisata. Aceh Utara menyuguhkan beragam destinasi wisata alam, baik pantai dan air tejun, hingga objek wisata sejarah. Oleh sebab itu, Aceh Utara menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

Bagi Anda yang menyukai travelling dan berencana berkunjung kesini, berikut ulasan 15 tempat wisata terbaik yang ada di Aceh Utara.

1. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam berlokasi di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kota Makmur. Air Terjun ini menawarkan keindahan alam yang memesona, utamanya terdapat 2 air terjun dan banyak pohon yang rimbun dan asri disekitarnya. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya dan mandi di bawah air terjun ataupun hanya melihat-lihat pemandangan sekitar.

Untuk menuju Air Terjun Blang Kolam, pengunjung diharuskan bejalan menuruni anak tangga sebanyak 660. Harga tiket yang akan dikenakan ke pengunjung sebesar Rp 2.500. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Air Terjun Blang Kolam bisa menggunakan jalur darat yakni dengan kendaraan roda dua dan roda empat, namun untuk bisa sampai ke air terjun tetap berjalan kaki.

Lokasi: Sido Muliyo, Kec. Nisam Antara, Kab. Aceh Utara.

2. Pantai Ulee Rubek

Pantau Ulee Rubek ini berlokasi di Kecamatan Seunuddin. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dan ciri khas tersendiri, yaitu pasir pantai yang halus serta lingkungan yang bersih. Bahkan pengunjung juga bisa mengambil pasir putih yang ada di pantai lalu diisikan ke dalam botol sebagai oleh-oleh untuk pulang.

Untuk pengunjung yang ingin  berkunjung ke Pantai Ulee Rubek bisa menggunakan jalur darat dengan transportasi publik ataupun pribadi. Waktu tempuh untuk bisa sampai ke lokasi sekitar 1  jam dan berjarak sekitar 49 km dari Kota Lhokseumawe. Di pantai ini sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung untuk pengunjung.

Lokasi: Desa Ulee Rubek, Kec. Seunuddon, Kab. Aceh Utara.

3. Pemandian Krueng Sawang

Pemandian Kreung Sawang berlokasi tepat di Desa Sawang. Pemandian ini cocok bagi Anda yang ingin bermain air di alam terbuka. Di lokasi wisata terdapat banyak bebatuan yang timbul dan sudut sungai yang cukup dangkal dan aman bagi pengunjung yang ingin berenang atau pun bermain air bersama di aliran sungai.

Nama “Kreung” berasal dari bahasa Aceh yang memiliki arti Sungai, dan Sawang merupakan nama desa tempat permandian tersebut. Pengunjung juga tak perlu mengkhawatirkan apakah air nya bersih atau tidak, karena air di tempat ini sangatlah jernih dan segar. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini pengunjung harus menempuh jarak sekitar 49 km dari Kota Lhokseumawe.

Lokasi: Desa Sawang, Kec. Sawang, Kab. Aceh Utara.

4. Rumah Adat Cut Nyak Meutia

Rumah Adat Cut Nyak Meutia merupakan salah satu cagar budaya yang berlokasi di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli. Rumah Adat ini juga menjadi sebuah museum untuk penghormatan kepada pahlawan Cut Mutia dari Aceh, memiliki bangunan berbahan kayu dengan gaya dan khas Aceh. Dulunya Cut Meutia adalah pahlawan wanita dari Aceh yang memperjuangkan perlawanan pada penjajahan Belanda selama 20 tahun.

Rumah Adat Cut Nyak Meutia menyuguhkan pengunjung untuk bisa mempelajari sejarah dari pahlawan wanita dari Aceh. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Rumah Adat ini bisa menempuh jarak sekitar 9 km dari Kota Lhokseumawe.

Lokasi: Pirak, Mesjid Pirak, Kec. Matangkuli, Kab. Aceh Utara.

5. Pantai Sawang

Pantai Sawang adalah objek wisata yang memiliki hamparan pasir memesona yang berlokasi di Desa Sawang. Pantai ini memiliki keunikan dalam hal bentuk yang seperti mangkok dan garis pantai yang sangat panjang. Pantai Sawang memiliki air yang sangat jernih dan pasirnya yang berwarna kecoklatan yang dapat membuat pengujung betah.

Di tempat wisata ini pengunjung bisa membeli berbagai jenis ikan tangkapan hasil nelayan, karena kebanyakan profesi masyarakat setempat adalah nelayan. Untuk bisa sampai ke lokasi ini pengunjung harus menempuh jarak sekitar 29 km dari Kota Lhokseumawe.

Lokasi: Desa Blang Nibong, Kec. Samudera, Kab. Aceh Utara.

6. Pantai Krueng Geukuh

Selanjutnya ada Pantai Krueng Geukuh, tempat wisata bahari yang berlokasi di Kecamatan Dewantara, Lhokseumawe. Pantai ini memiliki keindahan pasir dan air laut yang masih bersih dan akan memanjakan mata pengunjung yang melihatnya. Masyarakat desa yang tinggal di desa sekitar Pantai Kreung Geukuh memiliki kesadaran yang tinggi akan lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari para nelayan yang menggunakan kapal perahu tradisional untuk menghindari pencemaran lingkungan.

Pantai Krueng Geukuh ini juga sangat terkenal dengan Mie Acehnya yang sangat lezat. Pengunjung bisa melihat indahnya pantai sembari memakan Mie Aceh.

Lokasi: Krueng Geukueh, Kec. Dewantara, Kec. Aceh Utara.

7. Air Terjun Bidadari

Air Terjun ini berlokasi di Geureudong Pase. Air Terjun Bidadari menawarkan keindahan alam dikelilingi hutan belantara yang masih sangat asri. Objek wisata ini memiliki nama yang sesuai dengan tempatnya karena ada air terjun 7 tingkat yang sangat mempesona.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana air terjun yang segar dan pepohonan yang berada di sekitar tempat wisata. Untuk berkunjung ke Air Terjun Bidadari, pengunjung bisa menggunakan jalur Punteut Lhokseumawe ke Geureudong Pase.

8. Pantai Meuraksa

Objek wisata Pantai Meuraksa terletak di ujung timur kota Lhokseumawe tepatnya di Kecamatan Blang Mangat. Pantai Meuraksa memiliki keindahan alam seperti pohon rindang yang masih asri di sekitar pantai. Pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun pesonanya layak untuk dipertimbangkan.

Pantai Meuraksa juga memiliki pasir yang bersih dan banyak dipenuhi pohon ketapatang dan waru yang melambai-lambai ketika angin menerpa. Tempat ini cocok bagi pengunjung yang butuh dengan suasana tenang untuk menikmati akhir pekan.

Lokasi: Jambo Mesjid, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

9. Pantai Lancok

Pantai Lancok adalah tempat wisata yang pas untuk bersantai terletak di Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu. Ciri khas yang ada di Pantai Lancok adalah pondo-pondok yang tegap berdiri berjejer di sepanjang garis pantai. Pantai ini menawarkan sensasi bagi pengunjung yang ingin mendengarkan gemuruh ombak sambil menikmati kelapa muda dan mie kepiting yang menjadi makanan khas di tempat wisata tersebut.

Pantai Loncak juga terkenal dengan penghasil kerang darah. Biasanya pemburuh kerang darah memburu kerang dengan langsung turun ke laut yang memiliki jarak sekitar 200-200 meter dari bibir pantai.

Lokasi: Lancok, Kec. Syamtalira Bayu, Kab. Aceh Utara.

10. Waduk Jeulikat

?

Waduk Jeulikat merupakan tempat wisata kekinian yang berlokasi di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat. Waduk Jeuliket tergolong tempat wisata yang masih baru tujuan muda-mudi karena memiliki banyak spot foto menarik. Fasilitas pendukung di Waduk cukup memadai mulai dari anak tangga yang desainnya dilapisi keramik, tersedia gazebo di sekeliling waduk.

Selain itu, Anda bisa mencoba mengarungi waduk dengan menggunakan rakit kapasitas 10 orang atau menyewa bebek dayung. Berkunjung ke Waduk Jeulikat tidak membutuhkan biaya mahal, karena tarif yang dikenakan hanya untuk parkir kendaraan.

Lokasi: Desa Jeuleukat, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

11. Waduk Pusong

Waduk Pusong adalah tempat wisata yang berlokasi di Jln. Reklamasi, Banda Sakti. Waduk ini tergolong waduk terbesar yang ada di Kota Lhokseumawe, yang dimanfaatkan untuk pengendalian banjir dan memiliki luas 60 hektar. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang indah di sisi waduk yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan berbentuk seperti pulau.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Waduk Pusong adalah pada malam hari agar pengunjung dapat melihat suasana kota dan melihat lampu yang ada disekitar mampu memancarkan cahayanya dengan sempurna dan menawan.

Lokasi: Desa Pusong Lama, Kec. Banda Sakti, Kota Lhoksumawe.

12. Buket Guha Jepang

Buket Guha Jepang merupakan situs peninggalan sejarah yang berlokasi di daerah Balng Panyang. Dulunya gua ini dibuat pada masa penjajahan Jepang oleh orang Aceh melalui kerja paksa. Dalam Buket Guha Anda bisa melihat gua yang berlorong-lorong gelap yang dahulu digunakan sebagai benteng pertahanan tantara Jepang.

Objek wisata ini sangat cocok untuk pembelajaran sejarah.  Untuk sampai ke lokasi, pengujung harus melakukan perjalanan sekitar 2 km dari kota Lhokseumawe.

Lokasi:  Blang Panyang, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

13. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang, objek wisata favorit yang berlokasi di Kota Lhokseumawe. Pantai ini memiliki keunikan dari garis pantainya yang sangat panjang dan berhadapan dengan Samudera Hindia. Pantai ini juga memiliki air yang jernih dan pasir yang indah sangat pas untuk Anda menikmati liburan akhir pekan.

Untuk menuju ke Pantai Ujong Blang sangat mudah dan fasilitas disekitarnya tergolong lengkap karena dekat dari ibukota Aceh Utara.

Lokasi: Desa Ujong Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

14. Pantai Seumadu

Pulau Seumadu, objek wisata bahari yang berlokasi di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Sebelumnya, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Rencong, namun sekarang melekat nama Pantai Seumadu. Pantai ini menawarkan keindahan alamnya dan suasana yang nyaman dengan suara deburan ombak yang bisa membuat tubuh terasa rileks.

Untuk berkunjung ke Pantai Seumadu, Anda harus melalui jembatan kayu yang merupakan jembatan penghubung ke Pulau tersebut.

Lokasi: Keude Krueng Geukueh, Kec. Dewantara, Kab. Aceh Utara.

15. Wisata Gunung Salak

Wisata Gunung Salak adalah objek wisata yang berada di Kawasan perbukitan, tepatnya di Kilometer 31, Kecamatan Nisam Antara. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah sehingga menjadi pusat perhatian wisatawan. Objek wisata ini ditujukan untuk anak muda, dan konsep dari Wisata Gunung Salak sangatlah instagramable. Pengunjung bisa berfoto di spot-spot menarik yang ada di tempat ini sambil menikmati kuliner yang dijajakan Cafe.

Untuk berkunjung ke wisata Gunung Salak ini, Anda bisa menuju ke Simpang Kertas Kraf Aceh, kemudian lurus sampai ke Kilometer 31.

Lokasi: Alue Dua, Kec. Nisam Antara, Kab. Aceh Utara.

Itulah 15 tempat wisata di Aceh Utara yang paling hits dikujungi wisatawan saat liburan. Beragam pesona wisata yang disajikan dapat menjadikan liburan akhir pekan Anda semakin berkesan.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik pada bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 2

Sejauh ini tidak ada suara! Jadilah yang pertama menilai posting ini.

Bagikan! Ke temanmu

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Butuh Sesuatu?
assalamualaikum apa yang bisa kami bantu?